Tips Membangun Channel YouTube ala Alitt Susanto

Alitt Susanto - YouTuber

Membangun channel YouTube di era digital sekarang ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Ya kita lihat saja, sekarang YouTube sudah banyak diisi oleh content creator dengan berbagai karakter dan konsep yang menarik. Apalagi publik-publik figure juga sudah memiliki channel YouTube sendiri.

Tentu ini menjadi PR tersendiri buat para YouTuber pemula yang baru mau membangun channelnya.

Saat ini yang jadi konsen kebanyakan YouTuber itu adalah jumlah views dan subscriber. Padahal itu semua tidak bisa dijadikan tolok ukur kesuksesan. Banyak yang punya views dan subscriber banyak tetapi dia sebenarnya tidak menjadi dirinya sendiri. Karena konten yang dia buat hanya mengikuti keinginan netizen yang budiman. Akhirnya malah capek.

Nah, ada tips yang menarik jika kamu ingin membangun channel YouTube dari awal. Tips ini disampaikan oleh Alitt Susanto (@shitlicious) di beberapa konten kolaborasi dengan YouTuber lain.

Alitt Susanto - YouTuber

***

Begini, biasanya Youtuber pemula itu ketika ingin membangun channel YouTube, kebanyakan akan ikut-ikutan channel YouTube yang sudah keren. Entah itu konsep kontennya atau bahkan sampai gaya penyampaiannya yang mirip sama idolanya.

Apakah itu salah? Tentu tidak, tapi mungkin akan banyak dibully oleh netizen yang budiman dan channelnya pun tidak akan berkembang. Karena viewers juga nggak bisa menikmati keunikan atau pembeda dari Youtuber tersebut.

Atau masalah yang lain ketika ingin membangun channel YouTube adalah bingung mau bikin konten tentang apa. Akhirnya ya malah ikut-ikutan channel lain yang lagi hits. Misalnya ada Youtuber Kuliner yang views nya banyak, terus ikut-ikutan bikin konten soal kuliner. Eh pas jalan kok sepi-sepi amat yak, kayak kuburan.

Akhirnya capek, terus nyerah…

Lalu tipsnya bagaimana? Mari kita simak tips dari Alitt Susanto.

Baca juga :   Gokil! Tembus 4 Juta Subscriber Raditya Dika Giveaway Mobil

Buat Aja Dulu, Tentang Apa Yang Kamu Mau

Tips yang diberikan Alitt ini sebenarnya sangat sederhana sekali. Dan ini juga yang dilakukan oleh Alitt saat membangun channel YouTube-nya sekarang.

Oke, sekarang ini Alitt Susanto lebih dikenal netizen sebagai YouTuber Motovlog atau Otomotif. Inilah yang tercermin di dirinya sekarang.

Tapi tahukah kamu apakah Alitt Susanto mengonsep ini sejak awal membangun YouTube? Tidak! Alitt bahkan tidak punya keinginan untuk membangun YouTubenya sebagai Youtuber bertema Motovlog atau Otomotif.

Di awal-awal Alitt membangun YouTube-nya, dia bahkan memiliki konten yang random. Coba saja lihat channel YouTube Alitt Susanto, konten videonya yang awal-awal dulu isinya random banget, bahas soal cinta ada, bahas soal skenario film ada, bahas soal drone ada, bahkan yang cukup sering dibuat dulu adalah bikin tips bahasa Inggris.

Hingga pada suatu saat, salah satu kontennya yang berjudul “[MotoVLog] – Jatuh Pakai Motor Royal Enfield” yang diunggah 4 tahun lalu, viral dan punya views banyak pada waktu itu.

YouTube Alitt Susanto

Nah pas bikin konten baru lagi soal benerin motor, ternyata views nya juga banyak. Dari sinilah Alitt sadar kalau ternyata penonton Alitt itu suka dengan otomotif. Lebih tepatnya suka kalau Alitt bahas soal motor/otomotif.

Dari sinilah dia mulai mempersempit kontennya dan mulai sering membuat konten Motovlog.

Intinya adalah….

Ketika kamu ingin membangun channel YouTube dan bingung mau bikin konten tentang apa, buat saja dulu, tentang apa yang kamu mau. Ngalir saja. Buat konten yang kamu suka, ya intinya yang kamu juga suka menjalaninya. Jangan dipaksakan atau hanya ingin mengikuti permintaan pasar apalagi netizen.

Nanti suatu saat akan ada momen ketika kamu sudah menemukan konten yang mana yang harus difokusi. Di awal-awal bisa digunakan untuk test pasar dulu. Kira-kira orang-orang itu sukanya kalau kamu bahas soal apa. Karena tiap orang punya ‘sense’ sendiri-sendiri soal beberapa hal.

Baca juga :   Channel YouTube Panji Petualang Semakin Ramai, Ini Kuncinya!

Mungkin Alitt memang cocok membahas soal otomotif, tetapi kamu ketika ikut-ikutan bahas otomotif, belum tentu penonton tertarik.

Intinya buat apa dulu tentang apapun itu, yang penting positif ya.

Baru ketika sudah menemukan konten yang disukai penonton dan kamu juga nyaman menjalaninya, tinggal fokusin saja. Dan kamu bisa mengembangkan konten itu ke berbagai hal.

Baca juga : Channel YouTube Panji Petualang Semakin Ramai, Ini Kuncinya!

Seperti itu tips yang Alitt Susanto berikan. Ya sabar saja kalau mau bikin konten YouTube itu. Tidak ada yang instan kok, Alitt saja juga lama membangun Channel YouTubenya. Yang penting ketika melakukan kamu juga harus nyaman. Selamat berekspresi.

Jangan lupa subscribe dan follow :
– Youtube : Alitt Susanto
– Instagram : shitlicious

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *