Di Google Maps Ada Penampakan Pesawat di Perairan Pantai Air Manis Sumatera Barat

Penampakan Pesawat

Ada yang aneh jika kamu membuka Google Maps dan mengarahkan ke laut yang ada di sisi barat Pantai Air Manis Sumatera Barat. Keanehan ini adalah adanya penampakan pesawat terbang utuh berwarna putih mengarah ke timur.

Lokasinya koordinat 0°59’56.3″S 100°19’29.7″E atau -0.998965, 100.324910. Lebih tepatnya di sisi barat Pulau Pisang yang ada di sebelah Pantai Air Manis.

Pesawat - Pantai Air Manis

Informasi ini cukup viral di media sosial karena banyak yang beranggapan kalau ini adalah pesawat yang jatuh. Tapi pertanyaannya adalah, kapan ada pesawat yang jatuh di sekitar perairan itu? Banyak juga yang menganggap kalau itu hanya pesawat yang lagi terbang dan kebetulan tertanggap kamera Google saja.

Uniknya ada yang mengatakan kalau ini bangkai pesawat MH370 yang hilang.

Gambar peta yang ada di Google Maps ini sendiri di ambil di tahun 2018, artinya masih baru-baru ini.

Kalau kita zoom dan coba amati, pesawat ini berbentuk seperti pesawat BOEING 737, tapi apalah itu kita nggak bakal tahu. Nah mimin juga coba ukur nih lewat Google Maps, berapa panjang pesawat itu. Dan ternyata pesawat itu punya panjang dari ekor ke kepala sekitar 36 meter. Sedangkan lebarnya diukur dari sayap kanan ke kiri sekitar 32 meter.

Pesawat - Panjang lebar

Di bagian ekor pesawat kalau kita amati ada bagian warna yang berbeda, bukan putih.

Kemudian teka-teki yang lain adalah lokasi pesawat itu masih berada di laut dangkal belum masuk ke laut yang dalam. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan warna air yang ada di Google Maps. Jadi wajar kalau pun itu pesawat ‘tenggelam’ pasti terlebih, karena lautnya masih di area dangkal.

Baca juga :   Dari Cover Lagu, Nissa Sabyan Sukses Jadi Penyanyi Religi

Pesawat - Kedalaman

Penampakan foto pesawat terbang yang ada di Barat Pantai Air Manis atau Pulau Pisang Sumatera Barat ini epic sih. Pastikan bakal ada pro kontra.

Tapi intinya gini, informasi ini bukan untuk memunculkan saling bully atau menyebarkan hoax. Namun ini bisa dijadikan media belajar kita dalam menyikapi suatu hal. Kita sebagai manusia tentu memiliki akal dan pikiran, nah gunakanlah itu untuk menilai informasi ini secara dewasa tanpa perlu misalnya menggoblok-goblokan orang lain. Karena apa yang kita nilai belum tentu benar, dan yang orang lain nilai juga belum tentu benar.

Yang paling benar adalah mencari konfirmasi valid dari pihak yang berwenang. Mimin kurang tahu apakah informasi yang beredar ini sudah mendapatkan tanggapan resmi dari pihak Google atau pihak penerbangan, atau mungkin sudah ada tim yang mengecek sekarang. Mimin tidak tahu.

Informasi ini bukan untuk menyebar hoax, karena mimin mengatakan yang sebenarnya kalau di Google Maps ada penampakan foto pesawat di laut. Mimin tidak mengatakan kalau ini pesawat yang tenggelam atau pesawat yang sedang terbang. Karena semua itu terserah kalian yang menilainya. Maka dari itulah mimin informasikan ini untuk membuat para netizen kita bisa bersikap lebih dewasa dalam menanggapi sebuah informasi.

Update :

Dilansir dari Kompas.com dari artikel berjudul “[KLARIFIKASI] Gambar Pesawat di Perairan Padang yang Tampak di Google Maps Bukan Pesawat Jatuh” tanggal 20/07/2018, ternyata pesawat tersebut adalah pesawat yang sedang melintas dan terpotret oleh Google.

Konfirmasi ini disampaikan langsung oleh Humas SAR Padang Arif Pratama yang mengatakan kalau masalah ini sudah dikoordinasikan dengan pihak Bandara Internasional Minangkabau. “Kami sudah mencari histori penerbangan mulai tahun 1990-an, jadi untuk gambar yang ada di Google Maps itu adalah gambar ketika Google melakukan pemotretan, ada pesawat yang sedang melintas di jalur tersebut yang akan mendarat di BIM,” ujar Arif, saat dihubungi pihak Kompas.com, Kamis (19/7/2018).

Baca juga :   Music Video Wali - Bocah Ngapa Yak Banjir Viewers

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan langsung di lapangan tepat di koordinat yang ada. “Kami sudah langsung ke lokasi daerah Pantai Air Manis, tanya-tanya kepada nelayan, tapi tidak ada, memang tidak ada (kasus pesawat jatuh) dalam waktu dekat ini,” kata Arif.

Jadi, sudah clear ya masalah ini.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *